Menggapai Jannah Dengan Menikah

Posted by BIRO JODOH on Jumat, 06 Februari 2015

Memang ada banyak pendapat mengenai hukum dari sebuah pernikahan. Dan perbedaan tersebut bukan tanpa alasan. Setiap hukum pasti memiliki alasan dan pertimbangan yang kuat. Ada 5 hukum dalam pernikahan, yaitu:

-      Haram: jika niat dalam pernikahan atau niat untuk melaksanakan pernikahan hanya ingin menyakiti pasangan dan memiliki tujuan jahat. Maka pernikahan yang di lakukan hukumnya adalah haram untuk di lakukan.

-      Makrukh: jika menikah hanya di jadikan sebagai pelampiasan nafsu belaka. Tanpa menjalankan kewajiban lain yang sudah di syari’atkan dalam agama islam. Maka sebaiknya pernikahan itu tidak terjadi.

-      Mubah: jika memang sudah memasuki batas usia yang sewajarnya sudah menikah. Maka boleh menikah dan boleh juga tidak menikah di usia itu. Karena menikah itu tak terbats oleh usia saja.

-      Sunnah: apabila seseorang sudah mampu menikah dan usia juga sudah memenuhi untuk melaksanakan pernikahan, maka sunnah untuk di laksanakan pernikahan. Apabila masih ingin sendiri dan belum ingin menikah tidak apa- apa. Tapi, jika saat itu di langsungkan pernikahan maka akan mendapat bnayak pahala.

-      Wajib: ini nih,,,,saat dua orang insan sudah memasuki usia siap menikah, mereka sudah mampu untuk menikah dan apalagi mereka saling suka dan saling mencintai maka wajib secepatnya di adakan pernikahan antara mereka. Apabila tidak di adakan pernikahan, maka akan menjadikan dosa. Bagaimana tidak? Pasti akan banyak sekali syetan yang berkeliling di antara mereka. Oleh karena itu, jika sudah memenuhi syarat untuk menikah, maka percepatlah menikah karena itu akan lebih baik untuk mereka.

Nah, sudahkah anda tau anda berada di posisi yang mana untuk hal menikah? Anda dapat mengetahuinya setelah anda mediskripsikan diri anda sendiri yang memaparkannya dalam beberapa ciri di atas.

Menikah jalan menuju jannah? Kok bisa??? Bagaimana mungkin semua pernikahan itu dapat menjadikan orang yang bernaung di dalamnya untuk masuk surga semua. Jika kendati pernikahan adalah sebuah moment yang di nantikan oleh semua orang. Tapi mereka berkhianat di tengah jalan dan memutuskan untuk menyudahi saja ikatan suci tersebut. Apakah mereka layak masuk surga? Apalagi jika alasannya adalah untuk kebaikan duniawi mereka semata.

Menikah yang baik, yang dapat menjadikan pasangan kita tentram dan nyaman saat bersama. Saling melengkapi kekurangan masing- masing bukan saling menghina. Saling memaklumi kekhilafan masing- masing dengan berjanji untuk saling membangun satu sama lain. Bukannya malah menyalahkan dan menghina pasangannya. Kebahagiaan yang akan timbul dari percikan cahaya sebuah keluarga sakinah  mawaddah warrahmah lah yang akan menuntun mereka menuju jalan syurga.

Semoga saja, anda termasuk orang- orang yang dapat membawa amanah pernikahan hingga dapat menuntun anda menuju jannah.

Semoga bermanfaat.

Blog, Updated at: 2/06/2015

0 komentar:

Posting Komentar